Maju Pilgub, Bambang Handoko Tak Hanya Sekedar Wujudkan Mimpi

 

WARTASMART - Bursa persaingan bakal calon Gubernur Lampung periode 2024-2029 kian riuh dengan kehadiran Dr. (c) Bambang Handoko Tsa, SH, MH. Bukan karena advokat kelahiran Tanjungkarang, 25 Desember 1975, itu telah mengambil formulir pendafataran di PAN dan Partai NasDem, tetapi cucu H. Busroni Anang –mantan Sekda Lampung- ini sudah siap dengan program yang akan dikemasnya nanti.

“Saya memimpikan dan akan berjuang untuk mewujudkan Lampung sebagai ‘Kota Besar’. Pengembangannya harus benar-benar tertata dengan baik, meminimalisir ketimpangan, dan memaksimalisasi potensi yang ada,” kata advokat senior yang merupakan keturunan Komering (Skala Brak), Jawa, Basemah, dan Banten tersebut, Minggu (5/5/2024) pagi.

Anak Kedua dari tujuh bersaudara berayahkan Umar Djohan, SH -mantan PNS Provinsi Lampung yang kemudian menjadi lawyer- ini mengaku akan mengeksplor potensi laut yang ada di Lampung sebagai destinasi wisata mendunia. Karena potensi yang ada sangat menjanjikan kemajuan perekonomian masyarakat pesisir.

“Sebenarnya, potensi laut di Lampung ini melebihi Bali dari segi apapun. Karena itu, perlu ada anggaran khusus untuk melakukan pengelolaan kekayaan alam Lampung,” tutur pengacara yang berpengalaman menyelesaikan perkara sengketa politik di MK dan MA itu.

Selain memaksimalkan pengembangan potensi laut, Ketua Komwasda Peradi Lampung itu juga memiliki program menjadikan provinsi ini menjadi pusat distribusi logistik nasional. Baik melalui jalur distribusi logistik dari Jawa ke Sumatera maupun sebaliknya.

“Dan retribusi untuk kegiatan itu harus jelas, karena akan menambah pendapatan asli daerah (PAD) jika serius menanganinya,” imbuh Bambang Handoko yang juga Direktur Utama PT. Tjungkai Dilangit.

Menurut Ketua DPD Aliansi Advokat Indonesia (AAI) Provinsi Lampung itu, bila menjadikan Lampung sebagai pusat distribusi nasional ini dikelola dengan baik, bukan mustahil ratusan miliar akan masuk ke kantong APBD Lampung dan bukan ke kantong mereka-mereka yang mengurus soal ini.

Ketua Prabowo Subianto Center Provinsi Lampung itu menilai, sampai saat ini Pelabuhan Bakauheni adalah salah satu aset yang tidak terkelola dengan baik.

“Kedepan, harus dilakukan pengembangan-pengembangan yang konstruktif. Karena Pelabuhan Bakauheni sangat potensial untuk menjadikan Lampung sebagai pusat distribusi nasional yang menjanjikan PAD sangat besar bagi daerah,” kata suami Danti Pertiwanggani, SH, dan ayah kebanggaan bagi tiga buah cinta mereka.

Bambang Handoko selama ini dikenal sebagai sosok yang cukup aktif dalam berbagai organisasi sosial kemasyarakatan. Dan ia tidak pernah main-main dalam semua kiprahnya. Karenanya, kini ia dipercaya sebagai Ketua DPD Baladhika Indonesia Jaya Provinsi Lampung, juga Ketua Pengda PBFI Kota Bandar Lampung.

Ia pun Koordinator Bidang OKK Ikatan Keluarga Alumni Universitas Lampung, anggota IKA FH Unila, anggota HIKAM Lampung, anggota KBBS Lampung, anggota Pejuang Siliwangi Indonesia, anggota TTKKDH Provinsi Lampung, dan anggota Perguruan Silat Maung Lodaya Lampung.

Selain itu, Bambang Handoko juga menjadi Ketua Bidang Hukum BKsPI Provinsi Lampung, anggota Majelis Kehormatan Sabuk Hitam Inkado Lampung, Keluarga Besar Taekwondoin Indonesia Ranting Enggal, Wakil Ketua Bidang Hukum DPD APTRINDO Lampung, Wakil Ketua Umum Persatuan Satpam Lampung, Keluarga Besar FOIIN Lampung, anggota PBS Lampung, serta anggota Keluarga Besar Kisam Lampung.

Bambang diketahui pernah aktif mengikuti kegiatan partai politik yaitu di Partai Golkar dari tahun 2009 sampai dengan 2017. Itu sebabnya, ia memahami benar lika-liku dunia politik, khususnya terkait dengan pilkada. (*)

 

Category: Politik
author
No Response

Comments are closed.